Friday 17 January 2014

Pertama Di Dunia, Keju Terbuat Dari Susu Rusa

Aris Prabowo | 14:00 |
Keju Yang Terbuat Dari Susu Rusa


Saben-unik, Mendengar keju yang terbuat dari susu sapi mungkin itu sudah biasa. Namun apa jadinya bila seorang peternak rusa berkolaborasi dengan seorang pembuat keju? Tentu akan menghasilkan keju yang terbuat dari susu rusa.

Mungkin peternak rusa lainnya hanya memanfaatkan susu rusa yang sangat bermanfaat dan kaya akan protein yang sudah di uji untuk kebutuhan sehari-hari atau bahkan kecantikan. Namun, sebuah peternakan rusa di Clachanburn, Central Otago, Selandia Baru, berbeda dengan peternakan-peternakan rusa yang lainnya. Disini susu rusa akan dibuat keju.

John Falkner, sang pemilik peternak rusa awalnya hanya ingin mencari sesuatu yang baru dan berbeda (ide) dari peternakannya.

“saya tidak suka mengerjakan pekerjaan yang setiap hari bahkan tiap tahunnya sama”, Ujar Jhon. “saya senang melakukan kegiatan ini (mengolah susu rusa)“ tambah Jhon.

Tidak seperti seekor sapi atau domba, rusa-rusa ini memiliki putting susu yang berukuran kecil seperti putting kuda. Oleh karena itu dalam pemerahan susu sapinya, Jhon memberikan sebuah pelayanan khusus untuk rusa-rusanya.

Rusa-rusa tersebut ia beri fasilitas istimewa dengan sebuah kandang yang diberi bantalan empuk dan terdapat pula sebuah mangkuk susu yang sudah disesuaikan dengan bentuk putting rusa.

Target Jhon untuk saat ini ialah menghasilkan dua (2) liter susu rusa setiap harinya dari 40 rusa yang ia miliki.

Untuk masalah pembuatan keju, ia menyerahkan susu kepada salah seorang partnernya yang pintar dalam mengolah keju, Simon Berry.

Simon mengungkapkan bahwa mengolah susu rusa menjadi keju adalah sebuah hal yang cukup sulit. Ini dikarenakan kandungan padat pada susu rusa sangat tinggi bahkan tiga kali lipat dari susu sapi dan kambing.

Terlepas dari kata sulit, ternyata Simon masih mengupayakan agar dapat membuat sebuah keju yang berasal dari susu rusa tersebut. Bukan hanya soal membuat keju, Simon harus menciptakan rasa yang unik dari keju tersebut dan manfaatnya bagi kesehatan.

Menurut hasil penelitian Universitas Otago, susu rusa memiliki protein yang tinggi dan mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan otak dan stimulin tubuh.



Share:



comments powered by Disqus
www.lazada.com

New Posts

lazada

Latar Aneh

Entri Populer

Women Time

Kanal ++

404

Halaman Tidak Ditemukan

Maaf, mungkin kesalahan dalam penulisan Url atau halaman telah dihapus. Saya sarankan kembali ke HomePage